Kamis, 12 Mei 2011

bisnis plan


1.      Ringkasan Esekutif
Hasil Perbaikan Kerusakan Pada Mesin Tire press Dari Usaha Ini Adalah Solusi Perbaikan Kerusakan Hidraulik yang bocor dan Pneumatik Pada Mesin Tire press Sehingga Proses Produksi Dapat Berjalan Dengan Lancar  Dan Kerusakan Yang Sering Terjadi Pada Hidraulik Tidak Terulang Lagi. Selain Solusi Perbaikan Yang Kami Terapkan Pada Mesin Tire press, Kami Juga Membuat Analisa Check Sheet Periodic Pada Komponen-Komponen Mesin Tire Press Yang Sering Terjadi Kerusakan. Untuk Solusi Perbaikan Dan Analisa Check Sheet Periodic Yang Kami Terapkan Pada Mesin Tire Press, Kami Mengharapkan Nantinya Dapat Berjalan Dengan Lancar Dan Tidak Terulang Lagi.
Prospek Perkembangan Usaha Kami Ini Cukup Bagus Dikarenakan Banyaknya Perusahaan Besar Hingga Perusahaan Kecil Yang Membutuhkan  Jasa Analisa Kerusakan Dan Perawatan Hidraulik. Sehingga Sistem Material Handling Yang Terdapat Pada Perusahaan Tersebut Dapat Berjalan Dengan Lancar. Hal Tersebut Menjadikan Peluang Terbesar Untuk Berkembangnya Usaha Kami.
Jasa Analisa Kerusakan Dan Perawatan Hidraulik dan pneumatik Bertujuan Untuk Menangani Masalah-Masalah Kerusakan Dan Jasa Perawatan Bagi Perusahaan Yang Menggunakan Hidraulik dan pneumatik Sebagai Alat Terpenting Dalam Proses Atau Alur Produksi. Sehingga Dampak Yang Terjadi Akibat Masalah Tersebut Tidak Terlalu Besar.













2. Latar Belakang Perusahaan
     2.1 Data Perusahaan
            1. Nama Perusahaan                : PT.Central Prima Jaya.
            2. Bidang Usaha                     : Konsultan Komponen Mesin Hidraulik dan
                                                              Pneumatik .
            3. Jenis Produk/ Jasa               : Perbaikan Dan Perawatan Hidraulik dan   
                                                              Pneumatik.
4. Alamat Perusahaan             : Jalan Raya Sawangan no 15,Rangkapan Jaya
                                                  Baru,Depok.    
            5. Nomor Telepon                   : 021-96473566
            6. Nomor Fax                          : 021-96473577
            7. Dosen Pembimbing             : Drs. Dedi Dwi Haryadi, Mt
            8. Tempat Magang     
A. Nama Perusahaan          : PT.Astra Daihatsu Motor
B. Alamat Lokasi               : Jl.Gaya motor Barat no.3 Sunter II Jakarta Utara
                                             14330 Indonesia
C. Pemilik                           : -
D. No. Telp                         : -
9. Mulai Berdiri                       : 1973




Gambar  Lokasi Perusahaan


2.2 Biodata Pemilik / Pengurus
Ketua
       1. Nama                                   : Kusnudin
       2. Jurusan                                : Teknik Mesin
       3. Semester                              : Vi
       4. Alamat Rumah                    :  bekasi
       5. Nomor Telepon                   : 081932229368
       6. Alamat E-Mail                    :
7. Pengalaman Kerja                           : Magang Selama 2 Bulan Di PT.Astra Daihatsu
                                                  Motor

Anggota
1. Nama                                   : Suharyadi
       2. Jurusan                                : Teknik Mesin
       3. Semester                              : Vi
4. Alamat Rumah                                : Jl.Pahlawan Karang Asem Timur Rt01/06 No.11
                                                Citeureup-Bogor
       5. Nomor Telepon                   : 08568604197
       6. Nomor Fax                          : -
       7. Alamat E-Mail                    : Ardie_tm@yahoo.co.id
8. Pengalaman Kerja               : Magang Selama 2 Bulan Di PT.Astra Daihatsu
                                                  Motor
2.3 Struktur Organisasi


 


                       


Anggota 2
 
 


Bagan 1. Struktur Organisasi

Ketua              : Penganalisa Pasar &  Marketing
Anggota 1       : Perhitungan Biaya, Desainer Konstruksi Dan Marketing
2.4 Jadwal Kegiatan Pra Operasional

No

Kegiatan
Bulan Pelaksana


Maret
April
Mei
Juni
Juli
Agustus
September
1
Observasi Kebutuhan Pasar







2
Menentukan Konsep Usaha







3
Mengembangkan Konsep Usaha







4
Magang







5
Perijinan







6
Pemilihan Lokasi







7
Riset Pasar







8
Pelaksanaan Usaha







Tabel 1. Jadwal Kegiatan
3. Analisis Pasar Dan Rencana Usaha
     3.1 Produk Atau Jasa Yang Dihasilkan
            Usaha Ini Bergerak Dalam Bidang Jasa Konsultan Perawatan Hidraulik dan Pneumatik, Melayani Servis Perawatan Dan Analisa Kerusakan Pada Komponen Mesin Hidraulik dan Pneumatik.
            Sedangkan Alat Yang Kami Pakai Berupa:
            1. Kunci Inggris
            2. Kunci Pas
            3. Obeng
            4. Barometer
            5. Pompa
            6. Oil/minyak
            7. Katub

            Keunggulan Usaha Yang Kami Rintis Dibandingkan Dengan Usaha Sejenis Lainnya Terdapat Pada Jasa Yang Kami Tawarkan. Kami Mempunyai Perlengkapan  Yang Lengkap Dibanding Dengan Usaha Sejenis Lainnya. 



            Usaha Kami Memiliki Sistem Marketing Kerja Sama Dengan Instansi Bebagai Suplier Dalam Dan Luar Negri,  Kami Menggunakan Media Internet Yaitu Dengan Memanfaatkan Blog - Blog Di Internet.





Gambar  Brosur perusahaan

3.2 Gambaran Pasar
            Saat Ini Hampir Semua  Perusahaan Besar Maupun Perusahaan Kecil Telah Menggunakan system hidraulik dan pneumatik Sebagai Alat Utama Didalam Proses Material Handling. Maka Dari Itu  Juga Dibutuhkan Jasa Perawatan Dan Perbaikan Hidraulik dan pneumatik,yang Semakin Banyak Permintaan.

Tabel 1. Situasi Pasar Di Lapangan
Jenis Target Perusahaan Usaha
Persentase Peluang Bisnis
Persentase Keuntungan
Ket
Perusahaan  Manufactur
30%
10% - 30%
Data
Perusahaan Otomotif
70%
20% - 50%
Data
Perusahaan Makanan Dan Minuman Berkemasan
65%
40% - 65%
Data
 
            Posisi Usaha Konsultan Jasa Yang Bergerak Dalam Bidang Perbaikan Dan Perawatan Hidraulik dan pneumatik Saat Ini Peluangnya Cukup Bagus Dan Mampu Mendapatkan Keuntungan, Dikarenakan Makin Banyaknya Konsumen Yang Menggunakan Mesin yang memakai system hidraulik dan pneumatik.
Posisi kami berada pada Jalan Raya Sawangan no 15, Rangkapan Jaya Baru, Depok. karena pada daerah tersebut mempunyai akses yang baik terhadap wilayah Jakarta dan Bogor. Berikut gambar yang menunjukan tempat usaha kami.



Gambar  Letak lokasi usaha


3.3 Target Atau Segment Pasar Yang Dituju
     A. Perusahaan Pertambangan
Segmen Pasar Yang Menjadi Sasaran Adalah Perusahaan Otomotif Dengan Menggunakan Sistem Nama Baik Dan Kerja Sama Yang Saling Menguntungkan. Segmen Pasar Yang Dibidik Untuk Waktu Tiga Tahun Ke Depan Adalah Perusahaan Nasional. Diperkirakan  Dengan usaha ini akan Meningkatnya Kegiatan otomotif  Di Indonesia setiap Tahunnya (Exp: Perusahaan Mobil). Dan Setiap Tahunnya Akan Mengalami Pertumbuhan.
Dengan Asumsi Pasar Tumbuh 20% Pertahun, Maka Gambaran Pasar 3 Tahun Kedepan Dapat Ditunjukan Sebagai Berikut
Tahun Usaha
Jumlah Perusahaan
Jumlah Permintaan Perbaikan Dan Perawatan
2011 – 2012
5
                     6
2012 – 2013
4
5
2013 – 2014
3
4

     B. Pasar Usaha
               Jenis usaha Kami sebagai konsultan perawatan hidraulik dan pneumatic  yang target pemasarannya ditujukan pada perusahaan yang dalam proses produksinya menggunakan sytem hidraulik dan pneumatik. Konsultan perawatan hidraulik dan pneumatic merupakan andalan usaha kami. Jasa konsultan perawatan hidraulik dan pneumatic kami, menawarkan 3 metode untuk mengatur sytem hidraulik yaitu  mengatur tekanan minyak, mengatur rate aliran minyak dan mengatur arah aliran minyak. Usaha konsultan kami ini mampu mengerjakan dengan tempo waktu yang singkat dengan hasil yang maksimal.  

     3.4 Tren Perkembangan Pasar
            Trend Yang Berkembang Dalam jenis usaha konsultan perbaikan dan perawatan hidraulik dan pneumatik ini adalah adanya metode pengaturan pada system hidraulik dan pneumatic, yaitu dengan cara metode pengaturan tekanan udara dan arah aliran udara pada pneumatic sedangkan pada hidraulik menggunakan metode pengaturan tekanan minyak,mengatur rate aliran minyak dan mengatur arah aliran minyak.
            Saat ini usaha kami sudah menggunakan pemasaran yang menggunakan sistem online. dengan cara tersebut kami yakin akan menghasilkan hasil yang maksimum dan target kami ialah dalam satu bulan kami mampu mendapatkan 1 sampai 2 pelanggan jasa konsultan kami. jadi target usaha kami dalam satu tahun akan mendapatkan 12 sampai 24 pemesanan.
3.5   Proyeksi Penjualan.
            A. Strategi Penjualan
        Strategi penawaram yang digunakan ialah pencarian konsumen sebanyak mungkin dan memberikan pelayanan yang sebaik – baiknya, contohnya dengan memberikan garansi dan pengerjaan kegiatan tepat pada waktunya serta menerima kritik dan saran dari konsumen.
B. Strategi Penetapan Harga
Strategi penetapan harga yang digunakan dengan berbagai faktor penentunya, seperti nilai tambah, positioning, competitor, daya beli dll. dengan mempertimbangkan beberapa faktor, terutama kenaikan bbm, dan harga jual bahan habis pakai maka harga jual produk kami sebesar.
Jenis Barang
Harga
Jumlah permintaan Per Bulan
Penjualan Per Tahun
Jasa Perawatan dan Perbaikan hidraulik dan pneumatik
Rp.    3.500.000
2 Permintaan  /Bulan
24   Permintaan

C.  Strategi Promosi
                        •1. Press Release Dan Iklan Media Cetak  Nasional
•2. Iklan Radio Lokal
•3. Membuat Brosur
•4. Pembuatan Situs
•5. Gathering Dengan Blogger

D.  Table Proyeksi Penjualan
Tabel ini menjelaskan tentang proyeksi penjualan per produk dan jasa serta biaya aktivitas penjualan untuk satu tahun kedepan :
Produk Jasa
Besar keuntungan per 1x pengerjaan project
Jumlah Penjualan Barang/ Jasa Perbulan Dari Awal Usaha
Januarii
Februariari
Maret
April
Mei
Juni
Jul
Aug
Sep
Oct
Nov
Des
2011
2012
2013
Jasa perbaikan perawatan
Rp.    3.500.000
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
>10%
>20%
>30%

E. Ringkasan Tabel Proyeksi Penjualan
Penjelasan Tentang Tabel Proyeksi Penjualan.
·         Tabel diatas sebagai target yang harus dicapai untuk 1 bulan / tahun mendatang
·         Pada awal dan akhir tahun mengalami lonjakan yang cukup besar dikarenakan pada bulan tersebut nilai konsumsi konsumen melonjak sedangkan pertengahan tahun mengalami penurunan dan stabil.
·         Tingkat pertumbuhan ini terjadi dengan asumsi tidak ada inflasi tinggi dan hubungan dengan konsumen
     3.6 Strategi Pemasaran
·         Produk sebagai Objek Pemasaran, kami selalu memberikan pelayanan yang memuaskan sehingga konsumen merasa senang membeli produk kami
·         Analisis terhadap Harga untuk Sebuah Produk, Untuk harga kami akan mensurfei kesemua tempat pengelasan sehingga kami bisa menawarkan harga yang cukup murah kepada konsumen 
·         Kegiatan Distribusi yang Dijalankan, Kegaiatan distribusi akan selalu berjalan dengan mencari distributor yang dapat diandalkan dan mampu dipercaya.
·         Melakukan Kegiatan Promosi, Promosi akan terus berjalan seiring denga perkembangan usaha yaitu dengan cara mendatangkan kesetiap instansi pemerintah dan swasta selain itu kami juga akan melakukan pembagian brosur.
Diagram 1. Bagan langkah-langkah proses marketing

3.7 Analisa Pesaing
            Analisa pesaing sebelum mendirikan sebuah usaha dan lokasi sangatlah penting karena jangan sampai terjadi kesalahan penentuan lokasi usaha yang mengakibatkan usaha kita kalah bersaing dengan pesaing kita yang usahanya tidak jauh dari lokasi tempat kita berwirausaha.       
            Berdasarkan hasil survei team kami melalui media internet belum begitu banyak konsultan yang bergerak dalm bidang perawatan dan perbaikan hidraulik dan pneumatik. kalau pun ada, merupakan pesaing yang bergerak dalam bidang yang general, tidak khusus didalam bidang hidraulik dan pneumatik.

3.8 Jejaring usaha
            Keberhasilan suatu program wirausaha, terletak pada luas tidaknya jejaring kerja dan merupakan suatu komponen penting dalam pengembangan usaha kami di masa mendatang, jejaring ini akan kami perluas dengan cara menjalin kerja sama denngan pihak industri.
            a. Bentuk kerjasama
·         Pemagangan
·         Pemanfaatan sarana dan prasarana bengkel
·         Konseling kewirausahaan, dan pengembangannya
b. Keuntungan bagi usaha kami
·         Jalinan membuahkan hasil yaitu setiap ada job pembuatan mesin penepung diserahkan kepada tim kami
·         Menjalin partner antara wiraswasta dengan pemerintah dan masyarakat
·         Usaha kami ada yang memonitoring
4. Analisis dan Rencana Sumberdaya Manusia (SDM) yang Dibutuhkan pada usaha jasa konsultan perawatan dan perbaikan hidraulik dan pneumatic.       
     4.1 Diskripsi kompetensi yang diinginkan agar dapat menjalankan bisnis ini
            Kompetensi yang dibutuhkan agar mampu menjalankan bisnis konsultasi jasa perawatan dan perbaikan hidraulik dan pneumatik, untuk menghadapi perkembangan jaman :
            1. Kompetensi pembuatan laporan keuangan
            2. Kompetensi
            3. Kompetensi pemasaran 
            4. Kompetensi pelatihan kepemimpinan
     4.2 Analisis Kebutuhan Dan Pengembangan Sdm Pada Usaha jasa konsultan perawatan dan perbaikan hidraulik dan pneumatic.                                    
Jabatan
Tingkat Pendidikan
Pengalaman Bekerja
( Tahun)
Keterampilan Khusus
Pimpinan
D3
5 Bulan
Menguasai Cara Menganalisa Pasar Dengan Baik
Menguasi Teknik Perawatan Dan Preventive Maintenance
Anggota 1
D3
8 Bulan
MenguasiTeknik Perancangan Dengan Cukup Baik
Menguasi Teknik Perawatan Dan Preventive Maintenance
 4.3 Rencana Pemenuhan Kebutuhan
Jabatan
Jumlah Kebutuhan
Tenaga Yang Tersedia
Tenaga Yang Harus Direkrut
Pimpinan
1 Orang
1 Orang
1 Orang
Bag. Perancangan
1 Orang
1 Orang
1 Orang

5. Pemanfaatan Teknologi
     5.1 Analisis Dan Rencana Pemanfaatan Teknologi Informasi
            Teknologi informasi yang akan dipakai pada bisnis kami ialah penggunaan pesawat telepon faximile, pembuatan web internet yang berisi tentang promosi usaha jasa konsultan perawatan dan perbaikan hidraulik dan pneumatik, pembuatan rekening tabungan via atm. penggunaan teknologi tersebut bertujuan untuk mempermudah konsumen untuk mendapatkan informasi tentang jasa konsultan kami dan sekaligus mempermudah konsumen untuk mentransfer uang pesanan apabila kondisinya tidak memungkinkan untuk bertemu secara langsung.
     5.2 tahapan pengembangan pemanfaatan teknologi informasi
            Tahapan-tahapan yang akan ditempuh untuk mengembangkan sarana dan prasarana untuk mengembangkan teknologi informasi :
1.      Pemakaian pesawat telepon faximile dengan sistem online internet
2.      Web internet tentang mesin penepung harus selalu dikembangkan dan pemakaian blog-blog free untuk pemasangan iklan.
3.      Penggunaan soft ware terbaru setelah solidwork, seperti software catia dan sejenisnya.
4.      Pemakaian sistem pembayaran online melaui internet.
6. Analisis Dan Rencana Keuangan
6.1 Rencana Kebutuhan Investasi
No.
Uraian
Jumlah (Rp)
A
Peralatan perawatan
2.500.000
C
Perjalanan
            300.000
D
Lain – Lain
1.000.000

Jumlah
3.800.000

a.       Peralatan perawatan
No.
Uraian
Biaya Satuan(Rp)
Volume
Total Biaya(Rp)
1.
Tool box lengkap
750.000
1 Buah
750.000
2.
Barometer
700.000
1 Buah
700.000
3.
Pompa
850.000
1 Buah
850.000
4.
Tool box untuk keperluan elektrik
600.000
1 Buah
600.000

Jumlah


2.900.000


b.      Perjalanan.
No.
Uraian
Biaya Satuan(Rp)
Volume
Total Biaya (Rp)
1.
Perjalanan Pembelian Alat
150.000
2
300.000

Jumlah


       300.000

c.       Lain-Lain.
No.
Uraian
Biaya Satuan(Rp)
Volume
Total Biaya (Rp)
1.
Biaya Sewa Kantor
2.000.000
Paket
2.000.000

Jumlah


2.000.000


7. Analisis Dampak dan Resiko Usaha
     7.1 Aspek hukum
            Usaha yang akan kami jalani merupakan sebuah usaha Legal / resmi. Kami juga akan mengurus surat-surat pendirian sebuah usaha ke Kelurahan setempat.  Dari segi proses dan produksi usaha kami tidak mengandung unsur-unsur kriminal dan tidak melanggar UU dan pasal sebagai berikut:
·         Peraturan Daerah Daerah Khusus Ibukota Jakarta Nomor 3 Tahun 1975 tentang ketentuan Penanggulangan Bahaya Kebakaran Dalam Wilayah Daerah Khusus Ibukota Jakarta
·         Peraturan daerah khusus Ibukota Jakarata tentang bangunan dalam wilayah daerah khusus ibukota Jakarta. Pasal Lima tentang perijinan pemakaian tempat untuk usaha.
·         PERDA pasal 18 paragraf 1, tentang pendirian tempat usaha dengan mengutamakan segi kesehatan, kenyamanan, keamanan dan keselamatan gedung.
·         Peraturan Daerah Daerah Khusus Ibukota Jakarta Nomor 5 Tahun 1984 tentang Rencana Umum Tata Ruang Daerah Daerah Khusus Ibukota Jakarta

     7.2 Dampak terhadap Lingkungan
            Dampak yang akan berpengaruh bagi lingkungan sekitar yaitu berupa:
·         Mengurangi tingkat pengangguran
·         Meningkatkan perekonomian masyarakat


Tidak ada komentar:

Posting Komentar